Mengenal Tokoh : Bung Hatta yang Bersahaja

Tokoh sejarah begitu lekat dengan perjuangan, terlebih bagi mereka yang berjuang di masa pergerakan untuk meraih kemerdekaan. Begitu banyak tokoh sejarah di dalam negeri salah satunya adalah Bung Hatta, siapa yang tak kenal dengannya. Bung Hatta merupakan salah satu tokoh Proklamator dan juga bagian dari Dwi tunggal bersama Bung Karno. 

Namun kebanyakan hanya mengenal Bung Hatta sebagai wakil Presiden dan  pendiri koperasi. Sisi lain kehidupannya tak banyak yang tahu. Seperti perjuangannya di masa pergerakan, ketika menjadi interniran Belanda, ataupun ketika studinya di Eropa dan termasuk kesehajaannya. 

Berikut ini merupakan sebuah essay yang mengulas kehidupan Bung Hatta ketika masa pergerakan atau perjuangannya untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Memang perlu banyak diskusi untuk mengupas atau mengenal lebih jauh sosok Bung Hatta sebagai tauladan generasi selanjutnya, namun essay yang berjudul "Moh. Hatta, Perjuangan untuk Negeri: Dari Pergerakan Sampai Persahabatan" diharapkan bisa menjadi salah satu bahan penelahaan tentang kehidupan Bung Hatta dari segala aspek kehidupannya. 

_____________________________________________________________________________ 




First
0 Komentar